Kenapa Kita Harus Benar-Benar Mencuci Bersih Sayur dan Buah Agar Bebas dari Pestisida? Bagaimana Peran Strong Kangen Water pH 11.5 dalam Proses pembersihannya?

pestisida kangen water

Orang yang gemar makan buah dan sayur telah menerapkan pola diet yang sehat dan baik bagi tubuh. Konsumsi teratur buah-buahan dan sayuran hijau setiap hari memiliki peran besar dalam pencegahan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Beragam buahan dan sayuran menyediakan nutrisi-nutrisi vital serta vitamin yang esensial bagi kesehatan tubuh anda seperti kandungan potassium, serat, asam folat, vitamin A, E dan C. Jenis sayuran seperti brokoli, bayam, tomat dan bawang putih juga menyediakan manfaat-manfaat tambahan lainnya yang bagus bagi kesehatan sehingga menjadikan jenis sayuran ini sebagai superfood yang perlu ditambahkan dalam diet atau pola makan harian anda.

Fungsi potassium dapat menjaga tekanan darah anda berada dalam kadar yang normal dan sehat. Serat-serat yang terkandung pada sayuran dapat membantu mengurangi tingginya kadar kolesterol serta dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

Sekalipun buah dan sayuran itu sangat sehat dan baik bagi tubuh, permasalahannya adalah penggunaan pestisida pada buah dan sayuran merupakan suatu standar yang lazim digunakan dalam bercocok tanam di zaman modern saat ini. Penggunaan pestisida, herbisida dan fungisida berfungsi melindungi tanaman dari kerusakan yang diakibatkan oleh gulma, serangga dan penyakit-penyakit umum lainnya pada tanaman namun efeknya tidak baik bagi manusia yang kelak akan mengkonsumsi hasil-hasil dari tanaman ini.

pestisida pada buahan

Penggunaan pestisida kimia ini berperan besar dalam peningkatan produksi tanaman namun bahaya yang ditimbulkan bagi kesehatan manusia sebetulnya jauh lebih besar lagi.

 

Apa Saja Dampak Buruk Pestisida Bagi Manusia?

Berikut ini mari kita ketahui bahaya pestisida baik bagi manusia maupun bagi tanaman yang terpapar pestisida itu sendiri

1. Bahaya Pestisida Bagi Anak-Anak

bahaya termakan pestisida

Berdasarkan berbagai studi dan penelitian, pestisida memiliki efek serius bagi anak-anak dan hal ini dapat diukur dalam berbagai cara. Organ-organ internal anak-anak masih dalam tahap tumbuh kembang hingga menuju usia dewasa, sehingga efeknya dapat dilihat dan diukur pada masa sekarang dan di masa depan selama mereka bertumbuh.

Efek buruk mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung pestisida akibat proses pencuciannya yang tidak bersih bagi anak-anak adalah terhalangnya asupan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan selama proses tumbuh kembang yang sehat. Dikarenakan sistem pembuangan di dalam tubuh anak-anak umumnya belum berkembang secara sempurna maka bahaya mengkonsumsi buah dan sayuran yang tidak dicuci bersih adalah tubuh anak-anak ini tidak bisa secara sempurna membuang limbah-limbah beracun pestisida yang ikut terkonsumsi. Karena itu penting bagi para orangtua untuk mencuci bersih bahan makanan ini sebelum diberikan ke anak-anak, dan alternatif lain yang lebih bagus adalah membeli bahan pangan organik meskipun harganya agak sedikit lebih mahal namun lebih aman.

 

2. Bahaya Pestisida Bagi Orang Dewasa

dampak pestisida bagi ibu hamil

Ketika seorang ibu hamil sering mengkonsumsi buah atau sayuran yang masih mengandung pestisida akibat proses pencucian yang tidak benar, maka janin yang dikandung oleh ibu hamil tersebut dapat terpapar oleh zat kimia berbahaya yang dapat mempengaruhi kelahiran.

Selain itu dampak pestisida pada orang dewasa ialah pestisida bersifat neurotoksin alias dapat meracuni saraf sehingga menjadikan orang yang tidak sengaja mengkonsumsinya merasa sedikit pusing, atau bingung, serta ia dapat mengurangi kemampuan koordinasi tubuh dan kemampuan untuk berpikir dalam jangka waktu singkat. Jika terus-terusan terpapar makanan yang mengandung racun pestisida dalam jangka waktu lama, maka dampaknya dapat mempengaruhi intelegensia serta kemampuan untuk belajar. Untuk kasus yang lebih serius atau hal yang paling buruk yang dapat terjadi yaitu bisa jadi dampak yang ditimbulkan oleh bahaya racun pestisida ini adalah kerusakan otak permanen.

 

3. Bahaya Pestisida Bagi Buah dan Sayuran

tanaman organik

Para petani buah dan sayuran di zaman dulu bergantung pada penggunaan teknik bercocok tanam secara alami dan organik. Metode-metode menanam seperti crop rotation alias menanam tumbuh-tumbuhan yang berbeda secara bergantian di tempat yang sama selama periode waktu tertentu, sistem tumpang sari atau metode memanfaatkan lahan dengan menanam dua jenis atau lebih tanaman dalam satu areal yang sama, serta metode penggunaan pupuk kompos alami digunakan untuk menghasilkan panen yang berlimpah dan aman. Ketika sistem bercocok tanam secara komersial perlahan-lahan mengapai puncak popularitas, maka sistem bercocok tanam natural dan organik pun perlahan-lahan mulai digantikan oleh sistem bercocok tanam komersial modern yang menggunakan bahan-bahan kimia sebagai pupuk, penggunaan pestisida, herbisida dan fungisida untuk mengatasi masalah-masalah penyakit tanaman.

Iming-iming mendapatkan hasil panen yang lebih tinggi dalam jangka waktu singkat merupakan selling point dari penggunaan produk-produk peningkat hasil panen berbahan kimia. Namun ketergantungan terhadap penggunaan bahan-bahan kimia ini pada akhirnya dapat mengorbankan kesehatan manusia yang mengkonsumsi hasil pangan berbahan kimia tersebut, serta tanah dan lingkungan pun dapat turut teracuni. Sisi buruk yang lain adalah, buah-buahan dan sayuran yang menggunakan pestisida tidak dapat bertahan lama ketimbang tanaman yang ditanam secara organik.

 

Apa Solusinya Untuk Membersihkan Buah dan Sayuran dari Pestisida Ini?

Memang lebih baik jika kita mengkonsumsi tanaman yang ditanam secara organik tanpa menggunakan pestisida dan zat-zat kimia. Namun terkadang bahan pangan organik ini susah ditemukan dan harganya pun terbilang cukup mahal dibandingkan buah dan sayuran komersial biasa. Hampir sebanyak 80% sayur dan buahan yang kita beli di pasar maupun di supermarket pada zaman sekarang ini mengandung pestisida. 

Meskipun demikian, jangan menjadikan hal ini membuat anda takut untuk mengkonsumsi sayuran dan buahan karena bagaimanapun juga mereka tetaplah makanan yang sehat bagi tubuh asalkan dicuci dengan benar sehingga pestisidanya dapat benar-benar hilang dari permukaan sayur dan buahan tersebut.

cuci buah berpestisida

Jika anda merasa mencuci buah dan sayuran menggunakan air keran biasa dapat menghilangkan kandungan pestisida pada permukaan kulit buah tersebut maka bisa jadi anda salah. Faktanya saat ini pestisida menggunakan bahan yang bercampur dengan sejenis minyak sehingga ia sulit dibersihkan dan tidak akan luruh jika hanya dicuci dengan air keran biasa.

mesin strong kangen water

Solusi paling ampuh yang dapat anda gunakan jika anda memiliki mesin Kangen Water sendiri di rumah adalah menggunakan Strong Kangen Water pH 11.5 yang memiliki kemampuan melepaskan pestisida dari permukaan kulit buah dan sayuran. Dikarenakan sifatnya yang teramat sangat alkali dan memiliki daya larut yang sangat tinggi, Strong Kangen Water dapat secara efektif meluruhkan pestisida yang menempel di permukaan kulit buah dan sayuran yang anda rendam bilas tersebut. Cara penggunaanya pun cukup sederhana, jika anda memiliki buah dan sayuran yang mau dibersihkan, cobalah rendam dengan Strong Kangen Water pH 11.5 selama beberapa menit sambil mengucek-ngucek permukaan kulit buah dan sayuran tersebut. Anda akan kaget ketika melihat air Strong Kangen yang digunakan untuk mencuci buah dan sayuran tersebut akan menjadi berwarna kekuningan tanda pestisida sudah mulai terlepas dari permukaan kulit buah dan sayuran.

pestisida tomat strong kangen water

Selain untuk mencuci buah dan sayuran, Strong Kangen Water juga dapat dimanafaatkan untuk mencuci beras sebelum dimasak karena beras pun ternyata juga mengandung pestisida. Anda kelak dapat membandingkan sendiri mencuci bahan pangan anda dengan Strong Kangen Water pH 11.5 akan membuatnya jauh lebih bersih ketimbang mencucinya menggunakan air keran biasa yang tidak memiliki kemampuan melepaskan pestisida. 

cuci beras dengan strong kangen water

Investasi memiliki mesin Kangen Water sendiri di rumah merupakan sebuah investasi yang sangat menguntungkan untuk menjaga kesehatan anda sekeluarga di rumah. Mari jalani hidup sehat bersama Kangen Water mulai saat ini dan di masa depan dengan mengkonsumsi buah dan sayur bebas pestisida. Change Your Water, Change Your Life!

Contact Us

DIKKY SATIA

HP/WHATSAPP: 0878.8739.0449

Anda juga bisa membeli Mesin Kangen Water pada cabang distributor resmi yang paling dekat dengan lokasi tempat tinggal anda. Silakan klik disini untuk mengetahui LOKASI CABANG-CABANG DISTRIBUTOR RESMI KANGEN WATER INDONESIA

Proud member of Enagic Kangen Water Indonesia