Apa 7 Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Mesin Air Alkali?

mesin air alkali

Apa yang menjadikan mesin air alkali yang ada di pasaran berbeda-beda kualitasnya, disamping dari segi harga? Ketahui 7 hal penting berikut agar anda dapat memutuskan membeli mesin air alkali dengan kualitas terbaik, aman dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Membeli mesin air alkali merupakan sebuah investasi kesehatan untuk belasan atau puluhan tahun kedepan, karena itulah sangat penting bagi anda untuk memilih mesin air alkali yang berkualitas tinggi yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Dr. Dave Carpenter memberikan petunjuk yang baik sebagai pegangan ketika anda memutuskan untuk membeli mesin air alkali. Temukan apa yang menyebabkan mesin air alkali dengan kualitas premium seperti mesin Kangen Water buatan Jepang itu berbeda dengan mesin air alkali dengan harga murah seperti merk-merk buatan China, Korea dan Taiwan. Memutuskan sebuah pilihan yang tepat untuk membeli satu unit mesin air alkali akan memastikan seluruh keluarga anda kedepannya dapat menikmati air minum yang bersih, sehat, aman dan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

 

7 hal penting Sebelum Membeli Mesin Air Alkali menurut Dr. Dave Carpenter, penulis buku "Change Your Water, Change Your Life"

1. Sebuah mesin air alkali haruslah bisa melakukan self cleaning (membersihkan dirinya sendiri) dan perawatannya pun juga mudah

Ketika menggunakan mesin air alkali saya melihat bahwa orang-orang secara umum tidak mau merawat mesinnya seperti yang seharusnya mereka lakukan. Ketika hal ini terjadi saya melihat segala sesuatunya seperti jamur dan pertumbuhan bakteri berlebih yang terjadi bersama-saam penumpukan lapisan mineral pada pelat elektroda yang dapat mempengaruhi kualitas air alkali yang dihasilkan kedepannya. Percaya pada saya ketika saya mengatakan bahwa anda tidak ingin hal tersebut terjadi, aktivitas harian anda sendiri pastinya sangatlah sibuk setiap hari. Jadi sungguh sangat penting untuk berpikir memiliki sebuah mesin air alkali yang dapat melakukan proses pembersihan dirinya sendiri dan mudah untuk dirawat. Semakin sulit suatu mesin untuk dirawat maka semakin banyak pula masalah yang mungkin akan terjadi seiring berlalunya waktu.

Jika anda pernah melihat elemen di dalam pemanas air elektrik yang dikeluarkan setelah beberapa tahun digunakan maka anda akan dengan cepat memahami bagaimana mineral (yang juga disebut "kerak") menempel pada metal dimana metal ini merupakan media bagi listrik untuk dapat mengalir. Adanya penumpukan mineral ini dapat mengurangi efisiensi si pemanas air, dan demikian juga halnya pada mesin air alkali. Adanya penumpukan lapisan mineral yang tidak dibersihkan pada pelat elektrolisis akan mengurangi keefektifan mesin air alkali dalam menghasilkan air alkali yang berkualitas tinggi.

Cara mesin air alkali melakukan proses pembersihan otomatis dirinya sendiri

Berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna mesin air alkali, solusi terbaik bagi mesin air alkali anda adalah dengan melakukan pembersihan otomatis sendiri sebanyak mungkin sehingga anda sendiri tidak perlu untuk repot untuk mengingatnya. Mesin air alkali terbaik memiliki proses pembersihan otomatis yang mengubah polaritas elektroda secara secara otomatis dan sering. Semakin sering polaritas diubah, maka semakin seimbang pula pelat-pelat elektrolisis di dalam mesin air alkali (contohnya mesin Kangen Water) tersebut terendam dalam air asam yang bersifat mampu membersihkan dan mencegah penumpukan lapisan kerak mineral. Berdasarkan hasil konsultasi saya pada teknisi mesin air alkali, mereka memberitahukan kepada saya rasio yang paling efektif akan hal ini adalah 1:1, yang artinya setiap menit air mengalir pada salah satu polaritas, maka seharusnya ada satu menit pula saat dimana polaritas dari elektroda pelat mesin dibalikkan. Hal ini akan menjadi faktor yang penting terhadap masa pakai dan performa mesin air alkali anda.

Metode lainnya yaitu menggunakan rendaman asam sitrat (citrit acid) selama semalaman penuh (seperti pada proses E-Cleaning mesin Kangen Water) dalam ruang elektrolisis pada mesin air alkali untuk melepaskan lapisan kerak-kerak mineral ini. Hal ini hanya akan efektif selama mesinnya tidak kering ketika dilakukan proses pembersihan ini.

 

2. Mesin air alkali yang baik mampu mengatur tekanan air yang masuk

Tekanan air bisa berbeda-beda dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Tanyakan seberapa fleksibelnya mesin air alkali yang ingin anda beli berkenaan dengan tekanan airnya. Jika mesin air alkali yang ingin anda beli hanya mampu bekerja dengan baik pada tekanan air tertentu, maka anda mungkin saja akan mengalami masalah dikarenakan kebanyakan sistem suplai air tidak mengalirkan air dalam satu tekanan tertentu yang sama di sepanjang waktu. Jika tekanannya terlalu tinggi maka air akan sangat cepat melewati ruang ionisasi sehingga air tersebut hanya memiliki sedikit waktu untuk dapat direstrukturisasi selama proses ini. Semakin lama air tersebut berada di dalam ruang ionisasi (elektrolisis) maka semakin besar pula pengaruh listrik yang ada di dalam air tersebut.

 

3. Ketahui sumber air bahan baku anda sebelum anda membeli mesin air alkali

Pelajari sebanyak mungkin mengenai tipe dan kualitas air yang ada di daerah anda. Anda harus tahu apakah air anda berjenis "hard" (sadah) atau "soft" (lunak) dimana hal ini akan membuat suatu perbedaan besar terhadap mesin air alkali anda. Air Sadah (Hard Water) merupakan air yang memiliki kandungan mineral yang jauh lebih tinggi dibandingkan air yang dikategorikan sebagai Air Lunak (Soft Water). Jika anda melihat ada timbunan mineral pada pintu shower kamar mandi anda, lantai kamar mandi, dan penyaring keran atau aerator maka bisa dipastikan air yang mengalir ke rumah anda berjenis air sadah (hard water).

Test sederhana untuk mengetahui mengenai air sadah

Anda dapat melakukan test yang cukup dapat diandalkan meski tidak bersifat ilmiah untuk mengetahui level masalah dari air sadah di rumah anda dengan melakukan test sederhana menggunakan cairan sabung pencuci piring:

a. Ambil botol plastik 500ml yang memiliki tutup

b. Buka tutupnya dan isikan botol tersebut dengan 400 ml air

c. Teteskan sebanyak 10 tetes cairan sabun pencuci piring

d. Kocok-kocok

Jika cairan sabun tersebut membentuk busa dengan cepat maka artinya air di rumah anda bagus dan sifatnya tidak terlalu sadah. Namun jika seandainya cairan tersebut tidak membentuk busa sabun melainkan membentuk dadih seperti susu yang memiliki lapisan sabun tipis pada permukaannya, maka dapat dikatakan bahwa air di rumah anda bersifat sadah.

Air lunak (soft water) membuat mesin air alkali bekerja lebih keras

Air lunak (soft water) memiliki sedikit kandungan mineral dan cenderung membuat mesin ionisasi air bekerja lebih keras dikarenakan agar sebuah mesin ionisasi air alkali dapat bekerja dibutuhkan mineral-mineral yang mampu mengalkalisasi di dalam air tersebut. Jika anda tinggal di kota besar, maka kualitas airnya sudah diatur sedemikian rupa mengenai tingkat kesadahan dan tekanannya (meski belum tentu juga hal ini dikatakan lebih baik) dibandingkan jika anda tinggal di kota-kota kecil yang menggunakan air dari sumur atau tangki-tangki air.

Karena itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu mengenai sumber air bahan baku anda sebelum membeli mesin air alkali. Jika sumber air bahan baku anda dirasa kurang bagus atau kurang efektif untuk suatu mesin air alkali, maka terdapat solusi untuk mengatasi hal ini yaitu dengan menggunakan air bahan baku yang sudah diregulasikan atau diatur tingkat mineral yang terkandung di dalam airnya sehingga cocok untuk digunakan bersama mesin air alkali anda. Contoh air yang sudah diregulasikan ini dan memiliki kualitas yang sama di semua tempat adalah pada air kemasan (galon) yang dihasilkan dari suatu pabrik pengolahan air tertentu dimana biasanya air ini sudah memiliki standarisasi mengenai kelayakan dan kualitas untuk dikategorikan sebagai air minum.

 

4. Apakah mesin air alkali memfilter air keran secara efisien?

filter mesin kangen water

Salah satu bahan pertimbangan yang paling penting dalam membeli mesin ioniassi air alkali adalah filter air yang digunakan untuk membersihkan air keran sebelum ia masuk melalui proses elektrolisis. Anda tentu saja tidak ingin mengkonsumsi air alkali ionisasi yang penuh dengan kontaminan seperti obat-obatan, zat kimia pertanian, logam berat, klorin organik, dll dikarenakan hal ini akan tertinggal di dalam tubuh anda ketika anda mengkonsumsi air alkali dari air bahan baku seperti ini. Jika anda mengkonsumsi air yang terkontaminasi ini maka ia akan berakibat negatif pada tubuh anda, dan tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi.

Kebanyakan mesin air alkali menggunakan filter Granular Activated Carbon sederhana yang sebagian besar mengurangi kadar klorin. Hal ini tidaklah terlalu efektif! Dalam jangka panjang, saya percaya sebaiknya anda hanya mengkonsumsi air alkali yang proses pembuatannya menggunakan sumber air bahan baku yang juga bersih. Hal ini agar air alkali yang anda minum memiliki manfaat yang baik bagi tubuh anda serta menghindari terjadinya kontaminasi zat-zat kimia berbahaya agar tidak masuk ke dalam tubuh anda.

 

5. Komposisi elektroda mesin ionisasi air alkali, ukuran pelat dan luas permukaannya

Apakah ukuran memiliki pengaruh yang besar bagi air alkali? Dulu saya percaya bahwa ukuran pelat dari sebuah mesin air alkali memiliki efek yang sangat besar terhadap air yang dihasilkan. Memang hal ini benar pada kenyataannya di masa lalu, namun tidak di masa sekarang.

Teknologi saat ini telah berkembang sangat jauh sehingga ukuran pelat tidak terlalu berpengaruh besar terhadap perubahan air yang terjadi. Yang paling berpengaruh adalah pada desain dan proses penghantaran energi listrik yang terjadi pada pelat mesin air alkali tersebut. Dengan mempertimbangkan bahwa energi listrik, sama seperti air, akan selalu mengikuti alur dimana terdapat sedikit hambatan. Beberapa manufaktur mesin air alkali memahami hal ini, sehingga mereka mendesain pelat elektrolisis mesinnya untuk menggerakkan arus listrik melintasi pelat dalam suatu cara yang membawa lebih banyak pengaruh terhadap air yang menyentuh pelat tersebut. Salah satu faktor yang paling penting dalam diskusi ini, tentu saja turut dipengaruhi oleh air bahan baku yang digunakan itu sendiri. Setiap mesin air alkali akan dapat bekerja lebih baik jika menggunakan sumber air bahan baku yang juga tepat.

Semua mesin air alkali yang dibuat dengan sangat baik akan menggunakan pelat berbahan titanium yang dilapisi dengan platinum (seperti pada mesin Kangen Water) untuk menjamin usia pakai yang panjang dan menunjang kinerja ionisasi air yang juga bagus. Jangan beli mesin air alkali jika mesin tersebut tidak menggunakan bahan pelat titanium berlapis platinum tersebut.

Saya pernah menyewa beberapa perusahaan teknik yang kenal betul dengan teknologi ini untuk mengevaluasi pelat-pelat pada setiap mesin air alkali yang saya miliki secara pribadi dan opini-opini dari perusahaan-perusahaan teknik tersebut kurang lebih sama dari segi grade (kualitas) dan platinum yang ada pada pelat tersebut per inchi perseginya. Sampel mengindikasikan derajat kemurnian yang berbeda terhadap bahan titanium yang digunakan. Meskipun hal ini mungkin memiliki pengaruh terhadap efisiensi dari pelat elektroda pada suatu tingkat tertentu, perusahaan tenik tersebut juga mengatakan bahwa desain dari pelat elektroda itu sendiri juga turut memainkan faktor yang penting terhadap keseluruhan performa mesin air alkali tersebut.

Apakah kekuatan arus dari mesin air alkali juga memiliki pengaruh besar?

Semakin banyak arus listrik (watt) dalam setiap inchi persegi dari pelat elektroda, artinya semakin efisien pula mesin air alkali tersebut dalam melakuan perubahan terhadap struktur air.

Hal ini akan lebih mudah jika kita melihat pada bola lampu. Selama puluhan tahun bola lampu dengan watt paling tinggi akan menjadi bola lampu yang paling terang. Namun saat ini, dengan teknologi yang baru, beberapa jenis bola lampu yang memiliki watt yang lebih rendah dapat melampaui kinerja para pendahulunya yang memiliki watt lebih tinggi. Sebagai contoh, saya memiliki sebuah bola lampu pintar 26 watt yang hemat listrik dari GE (General Electric) yang dapat menggantikan bola lampu 100 watt dikarenakan ia sifatnya lebih efisien dalam menggunakan aurs listrik melalui konsep desain yang lebih baik serta usianya juga lebih awet.

Hal yang sama juga berlaku dengan mesin ionisasi air alkali. Semakin desainnya lebih efisien untuk mampu menghasilkan arus listrik pada permukaan elektrodanya sehingga dapat menghasilkan lebih banyak volt dan dan watt setiap inchi persegi dibandingkan terhadap mesin-mesin yang memiliki pelat yang lebih besar dan memiliki output power yang lebih besar pula. Anda tentu saja ingin membeli sebuah mesin air alkali yang memiliki kekuatan yang baik untuk proses pengubahan strukutur air dikarenakan ini merupakan faktor yang mendukung terjadinya peningkatan ionisasi air.

Ionisasi air yang meningkat = semakin tinggi ORP negatif = semakin banyak elektron bebas di dalam air alkali = semakin besar pula potensial terhadap proses netralisir radikal bebas di dalam tubuh anda.

 

6. Usia filter dari mesin air ionisasi air alkali anda

Usia filter mesin air alkali anda sangat tergantung dari kualitas air bahan baku dan juga tipe filter yang digunakan. Semakin kotor air bahan baku yang anda gunakan maka akan semakin cepat pula filter akan butuh untuk diganti.

 

7. Umur masa pakai mesin air alkali anda

Salah satu masalah paling besar yang pernah saya lihat terhadap mesin ionisasi air alkali adalah bahwa mereka akan memiliki kerak atau deposit mineral pada pelat elektrodanya. Hal ini akan dengan cepat mengurangi efisiensi dan orang-orang akan segera protes bahwa mesin air alkali mereka tidak dapat bekerja lagi. Dan pada dasarnya hal ini benar dikarenakan mesin air alkali mereka tidak lagi mampu merestrukturisasi air seperti ketika waktu mesin tersebut dalam keadaan baru. Proses pembersihan atau perawatan mesin air alkali ini sangatlah esensial seperti yang sebelumnya saya katakan dan hal ini merupakan sebuah kunci untuk usia pakai yang panjang serta performa yang baik dari mesin ionisasi air alkali anda.

Jika anda menyimpan mesin air alkali anda dalam jangka waktu yang lama, saya menyarankan pada anda untuk benar-benar mengeringkan filternya sampai benar-benar kering dan menyimpannya dalam lemari es sampai ketika tiba saatnya akan anda pergunakan kembali. Selain itu pastikan juga anda benar-benar mengeringkan mesin ionisasi air alkali anda dengan benar. Ini merupakan sebuah keharusan!

 

Kesimpulan:

  • Mesin air alkali yang mampu membersihkan dirinya sendiri: Hal ini teramat sangat penting yaitu bahwa kita memiliki mesin air alkali yang mampu membersihkan dirinya sendiri dan proses perawatannya pun mudah.
  • Mesin air alkali yang bagus dapat mengatur tekanan air yang masuk: Semakin lama air di dalam ruang ionisasi maka semakin besar pengaruh listrik yang dikenakan pada air tersebut, sehingga hasilnya air alkalinya pun akan menjadi semakin lebih baik.
  • Filter air: Salah satu hal yang paling penting ketika ingin membeli mesin ionisasi air alkali adalah pada sistem filtrasi air yang digunakan untuk membersihkan sumber air keran bahan bakunya sebelum ia masuk ke dalam mesin untuk menjalani proses elektrolisis. Mesin air alkali yang berharga murah biasanya tidak dapat menyaring kontaminan seperti obat-obatan, bahan kimia pertanian, logam berat, klorin organik, dll.
  • Ukuran pelat tidak berpengaruh besar asalkan diimbangi dengan desain yang efektif: Ukuran besarnya pelat akan berpengaruh pada proses arus listrik dalam merestrukturisasi air alkali. Namun desain yang efektif juga merupakan salah satu faktor penting untuk dapat turut mempengaruhi kualitas air yang dihasilkan.
  • Power Output (watt yang besar) tidak berpengaruh asalkan diimbangi dengan desain yang efektif pula: Mesin air alkali dengan desain yang efisien akan memiliki lebih banyak arus listrik pada permukaan pelat elektrodanya, sehingga akan terdapat lebih banyak volt dan watt dalam setiap inchi perseginya.

 

Petikan paragraf dari buku Dr. Dave Carpenter, "Change Your Water, Change Your Life 2"

dr dave carpenter kangen water

Contact Us

DIKKY SATIA

HP/WHATSAPP: 0878.8739.0449

Anda juga bisa membeli Mesin Kangen Water pada cabang distributor resmi yang paling dekat dengan lokasi tempat tinggal anda. Silakan klik disini untuk mengetahui LOKASI CABANG-CABANG DISTRIBUTOR RESMI KANGEN WATER INDONESIA

Pengunjung

Hari iniHari ini14
KemarinKemarin39
Minggu iniMinggu ini10
Bulan iniBulan ini571
TotalTotal34829
Online 20
Proud member of Enagic Kangen Water Indonesia